by:suhendaar hendar
Cizeta V16T
Dinamai drivetrain eksentrik nya , supercar ini mengambil konsep Miura
satu langkah lebih jauh dengan menggunakan mesin V16 melintang
dikawinkan dengan gearbox longitudinal yang bersama-sama membentuk
bentuk T.
Claudio Zampolli pertama kali dicanangkan Cizeta di pertengahan tahun
delapan puluhan dan memiliki fungsi prototipe sepenuhnya siap nya pada
tahun 1988 . Hasil akhir tampak seperti Diablo dalam kasar , tapi itu
karena itu adalah karya Marcello Gandini untuk Lamboghini .
Setelah menerima desain Gandini untuk pengganti Countach mereka ,
Lamborghini mengambil konsep dan mengubahnya berat , termasuk
penghapusan tanda tangan berlekuk lengkungan roda belakang nya .
Frustrasi dengan Lamborghini , Gandini kemudian beralih ke Cizeta yang
ditawarkan untuk menjaga rasa aslinya .
Belum pernah dunia melihat mesin V16 yang dipasang dalam tata letak
melintang . Seperti setup itu diperlukan karena panjang panjang dari
mesin , tetapi juga membuat satu mobil yang terluas yang pernah
diproduksi . Pada dasarnya , dua TV -pesawat V8 yang dicangkokkan
sehingga mekanisme waktu berbagi ruang tengah . Gearing antara kedua
memberikan input tunggal untuk transmisi longitudinal mount. Blok ini
mirip dengan dua mesin V8 Ferrari tetapi pada akhirnya itu harus
berperan sebagai unit sepenuhnya kustom .
Merancang dan melaksanakan mesin baru adalah sebuah prestasi besar,
terutama untuk produsen mendatang . Sebagian besar komponen drivetrain
yang khusus outsourcing dan Cizeta kemudian dirakit mobil lengkap
sekitar aluminium sendiri bak sarang lebah mereka.
Ketika selesai , mobil dijual seharga $ 400 000 USD yang menjual keras
mengingat perusahaan tidak memiliki sejarah ras atau perusahaan warisan
untuk membangun di atas . Untuk alasan ini hanya sepuluh mobil
diselesaikan dalam periode .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar