Lada (perusahaan otomotif)
by;suhendar hendar
Pemilik | AvtoVAZ |
---|---|
Negara | Russia (sebelumnya bagian dari Uni Soviet) |
Diperkenalkan | 1970-an |
Merek terkait | VAZ |
Situs web | http://www.lada.ru/ |
Lada merupakan merek dagang AvtoVAZ, sebuah pabrik mobil Rusia. Mobil ini dipilih untuk ekspor mengalahkan perusahaan domestik Zhiguli, tetapi sejak 1980-an nama ini telah digunakan di pasar Uni Soviet dan belakangan juga Rusia. Lada menjadi termasyhur di Eropa Barat dengan menjual Lada Riva dalam jumlah besar selama 1980-an, tetapi model yang berikutnya tidak memiliki keberhasilan yang sama seperti Riva. Markas besarnya berada di Tolyatti, (Oblast Samara, Rusia).
Daftar isi
Lada di Britania
AutoVAZ mulai mengekspor produknya ke Britania Raya pada 1974 dengan menggunakan merek Lada. Model yang didasarkan pada Fiat 124
ini diejek karena teknologinya yang kuno, boros bensin dan
penampilannya yang seperti tank. Tetapi ia menjadi populer karena kekar,
ruang dalamnya yang luas, bagasinya yang luas dan harganya yang murah.
Banyak pemilik Lada yang bangga dengan mobil mereka. Setelah
diperkenalkannya model Riva pada 1980, penjualan selama dasawarsa itu
sangat kuat, dan memuncak di Britania pada 1998 dengan 33.00 unit
terjual (itu berarti hampir 2% dari seluruh penjualan mobil di negara
itu). AutoVAZ membangun sebuah jaringan penyalur Lada di Britania
melalui rekan pemasarannya, Satra Motors. Sebagian dari penyalur ini
adalah milik Lada sendiri, sementara yang lainnya adalah agen. Izin
peragenan yang dimiliki Satra semuanya terjual habis pada 1987 dan 1988.
Lada adalah korban dari masalah-masalah politik dan ekonomi Rusia
pada akhir 1980-an dan awal 1990-an. Karena itu, perusahaan ini tidak
mampu menaruh investasi yang memadai dalam pengembangan produk dan
pelayanan. Pada 1990-an, desain Riva sudah terlalu kuno. Bahkan harganya
yang kurang dari £5.000 untuk model-model dasarnya tidak cukup untuk
menyamarkan rancangannya yang sudah ketinggalan. Penjualan di Britania
merosot hingga 8.000 unit pada 1996, tahun terakhir mobil-mobil Lada
secara penuh dipasarkan di Britania. Pada masa ini, banyak penyalur Lada
yang bangkrut atau beralih ke model-model mobil lain. Diperhadapkan
dengan kebutuhan untuk memenuhi persyaratan pengendalian emisi Uni Eropa
yang baru dan dengan langkanya onderdil-onderdil impor tertentu,
AutoVAZ memutuskan untuk keluar dari pasar Britania dan sejumlah pasar
Eropa Barat lainnya. Mobil-mobil Lada tetap hadir di sejumlah pasar
Afrika, Karibia dan Amerika Latin.
Sejak 1977, Lada memproduksi Niva, sebuah modil four-wheel drive. Mobil ini jauh lebih unggul daripada saingan-saingannya dari Jepang, seperti Suzuki Jimny dari segi kepraktisan dan kestabilannya, dan terutama sekali, sedikit sekali mobil-mobil penjelajah (off-road)
di dunia yang dapat menandingi kemampuan jelajah Niva. Selain itu, Niva
dijual dengan harga yang jauh lebih rendah daripada saingan-saingannya.
Di sinilah keberhasilan pemasaran Lada pada 1990-an. Niva digunakan
oleh sejumlah satuan polisi Britania dan menarik sejumlah pengagum di
kalangan 4x4 di Britania Raya dan negara-negara lainnya. Setelah
ditariknya Lada dari Britania pada 1997, beberapa penyalur masih tetap
menjual Niva dengan khusus mengimpornya untuk dijual di negara itu. Hal
ini membutuhkan sejumlah modifikasi setempat untuk memenuhi
aturan-aturan kontrol emisi yang berlaku di Britania. Beberapa penggemar
Lada secara khusus pergi ke Talinn
agar dapat membeli langsung mobil Lada baru yang dibuat dengan kemudi
kanan (khusus untuk pasar Afrika Barat) dengan harga yang sangat murah
hingga US$2.500.
Upaya pertama Lada untuk memproduksi mobil modern muncul dengan model Samara hatchback
pada 1984 (diluncurkan di Britania pada 1987), yang menggunakan
rancangan mesin yang sama sekali baru. Tetapi banyak pembeli yang ingin
berhemat tetap bertahan dengan model Riva yang lama. Banyak orang yang
mengatakan bahwa mobil ini masih lebih baik (meskipun rancangannya kuno)
dan juga harganya jauh lebih murah.
Pada 1997, Lada ditarik dari pasaran Britania dan kebanyakan pasaran
Eropa, namun tetap sukses besar di Rusia. Upaya lainnya untuk
menciptakan sebuah mobil modern muncul pada 1996 dengan model 2110, yang mirip ukurannya dengan Ford Mondeo atau Opel Vectra.
Model ini tidak pernah dijual di Britania. Mobil ini tampak jauh lebih
modern daripada model-model Lada lainnya, namun pada tahun-tahun
pertamanya terbukti tidak dapat diandalkan, sehingga perusahaan yang
sudah mengalami kesulitan finansial itu terpaksa mengeluarkan jutaan
dolar untuk membereskan kelemahan-kelemahan yang dilaporkan.
Setelah Lada (UK) berhenti beroperasi pada 1997, sisa-sisa jaringan
penyalur Lada Britania dilayani oleh Lada (Perancis). Mobil-mobil Lada
dengan segera menghilang dari jalan-jalan di Britania. Harga jual
kembalinya di Britania sangat rendah sehingga berkembanglah pasaran
ekspor ulang ke Rusia. Banyak mobil Lada yang terdaftar di Britania dan
Irlandia Utara dijual kembali ke Rusia untuk diambili onderdilnya atau
untuk dijual kepada para pembeli Rusia yang menyukai mobil-mobil
tersebut yang dibuat khusus dengan spesifikasi ekspor.
Sejumlah upaya dilakukan untuk memperkenalkan kembali Lada ke pasaran Britania, namun hasilnya belum tampak.
Model
- Lada 110, 111, 112, 113, 114, 115
- Lada Kalina (2004- )
- Lada Niva (1977- )
- Lada Samara
- Lada Riva (VAZ 2104, 2105, 2107) (1980-)
- Lada Oka
Mobil Sport
Lada Avtovaz telah mengumumkan rencana untuk ikut serta dalam FIA World Touring Car Championship
tahun depan. Program ini secara resmi akan dimulai pada Pameran
Sport-Motor-Tuning di Moskwa pada 3 November 2006 yang akan menandai
hari jadi ke-40 Lada Avtovaz.
Lada mempunyai tradisi dalam motorsport yang sudah berusia 35 tahun. Pada ummnya produknya dikonsentrasikan pada pasar
dalam negeri dan tidak dikenal oleh masyarakat internasional, namun hal
itu kelak akan berubah, dan komitmen selama tiga tahun dalam FIA WTCC
akan memungkinkan Lada mempromosikan kampanye ini secara agresif.
Sumber: Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar