CITROEN
by:suhendar hendar
Didirikan 1919 oleh ANDRE CITROËN, penjualan mobilnya dimulai
tahun itu juga. Andre menerapkan teknik produksi masal pertama di
industri otomotif eropa, dan juga yang merintis jaringan agen pelayanan.
Jika model-model awalnya mirip dengan umumnya dalam hal teknologi
dan style, semuanya berubah dengan diluncurkannya “Traction
Avant” (TA) 1934 yang menembus pola hingga 50 tahun lebih awal dari
masanya bagi otomotif modern! Tidak ada chassis batang (sudah
monocoque), front wheel drive, karoseri aerodinamis , handling dan
cengkraman jalan sempurna, perhatian penuh pada keselamatan, dll.
Sayang, Andre meninggal tak lama setelah TA diluncurkan. Pra
peluncuranTA, CITROËN telah menguasai seni publikasi dengan
kampanye iklan yang belum pernah dilakukan sebelumnya – Menara
Eiffel dihiasi ribuan lampu yang membentuk nama, logo dan
prestasi-prestasi yang diraih seperti safari antar benua dan rekor
ketahanan, dll.
Peluncuran 2 CV pada 1949 menimbulkan kritik – mobil ini begitu
berbeda dibandingkan mobil lain sejenis hingga diramalkan gagal.
Lamban dan tidak menarik, 2CV menawarkan hal yang berlawanan dengan
industri pesaing – Nyatanya 2CV diproduksi hingga 5 dekade dan
menciptakan antusias yang membawa fanatisme.
Tonggak peristiwa tunggal yang dianggap paling penting dalam sejarah
otomotif (setelah penciptaan roda) terjadi pada 1955 –
Diluncurkannya DS 19. CITROËN terus melanjutkan tradisi membuat
kendaraan yang inovatif hingga saat ini.
CITROEN di INDONESIA
Mobil ini diakui oleh banyak pemakai kendaraan yang telah pernah
mencoba tentang kenyamanannya. Hal yang membedakannya dengan mobil
lain adalah suspensinya yang menganut simtem hydropneumatic (pendeknya
hirdolik) pada type GS, CX dan BX. Walaupun akhirnya karena
kelebihannya inilah mobil ini dianggap sebagai mobil murah namun
mahal dan rewel dalam pemeliharaannya hingga hanya segelintir orang
yang mau menikmati.
Citroen di Indonesia sudah ada sejak tahun ’30-an dimana pernah ada
Citroen TA masuk dan sekarang masih ada di Yogyakarta , selanjutnya
seri DS tahun ’50-an dan ’60-an. Citroen mulai resmi ada di Indonesia
pada tahun 197? dimana seri Dyanne (kelanjutan versi 2CV) dipakai
sebagai kendaraan proyek pembangunan waduk Jatiluhur Jawa Barat
kemudian ATPM dipegang oleh PT. Alun. Mulai itulah seri GS beredar
di Indonesia sejak 1974-1990, seri FAF (pengembangan seri 2CV) 1983,
seri CX 1978-1983, dan terakhir seri BX 1986-1994
Tidak ada komentar:
Posting Komentar