Cerita Tentang Caterham
Sejarah berdirinya Caterham
memiliki kaitan yang erat dengan brand Lotus.
Kondisi ini terjadi berkat event London Motor Show yang diadakan
oleh Colin Chapman pada tahun 1957 untuk memperkenalkan Lotus 7 model.

1957 Lotus 7
Lotus 7 didesain sebagai open-top lightweight sports car yang menghasilkan kesuksesan besar di Inggris berkat harga jual yang terjangkau dan handling yang kental dengan nuansa race car. Mobil ini kemudian timbul menjadi mobil yang sangat populer dan mendorong Colin Chapman untuk melanjutkan pengembangan pada Lotus 7 sports car project. Pada tahun 1959, Caterham Car Service milik Graham Nearn menyetujui kerjasama untuk dijadikan sebagai dealer untuk Lotus 7 hingga ikut serta dalam peluncuran Lotus 7 Series 2 yang diproduksi pada tahun 1960.

Lotus 7 Series 2
Kepopuleran Lotus 7 terus meningkat setelah sebuah TV series berjudul “The Prisoner” menampilkan mobil ini pada tahun 1967. Kepopuleran ini kemudian menarik perhatian sejumlah produsen mobil hingga mendorong mereka untuk menggunakan Lotus 7 sebagai platform dalam pengembangan mobil produksinya.
Pada tahun 1968, Lotus kembali memperkenalkan model terbarunya, yaitu Series 3, yang kemudian disusul oleh Series 4 pada tahun 1973. Pada tahun yang sama, Lotus juga mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan produksi Lotus 7 model. Sejak saat itu, Graham Nearn membeli hak cipta dari Lotus 7 dan meneruskan produksi Series 4. Meskipun begitu, akibat tingkat kepopuleran yang menurun, perusahaan baru yang bernama Caterham ini lalu memutuskan untuk berhenti memproduksi Series 4 dan beralih memproduksi Series 3 kembali.

Lotus 7 Series 4
Pada tahun 1984, Caterham meluncurkan starter kit pertamanya yang ditujukan untuk para pengguna yang ingin merakit mobilnya sendiri untuk menghemat uang. Ide ini muncul sebagai ide yang cemerlang dan menuai kesuksesan, setidaknya di kawasan Inggris, dimana mobil Caterham 7 bisa dibeli sebagai mobil kit berbentuk komponen completely knocked down yang dapat dirakit oleh pemiliknya hingga hari ini.

Caterham kit car
Pada tahun 1987, sistem produksi dan administrasi perusahaan berpindah dari Caterham, Surrey ke pabrik baru di Dartford, Kent, United Kingdom. Lalu pada tahun 1989 perusahaan Caterham menciptakan Prisoner special edition Caterham yang dibekali dengan mesin 2.0-liter dari Vauxhall berkekuatan 250 hp. Mobil ini juga berhasil mencetak rekor waktu dalam melakukan akselerasi 0-100 km/jam dan kembali ke nol pada tahun 1992.

Caterham 7
Caterham kemudian meneruskan produksinya dengan meluncurkan covered model pada tahun 1994 yang diberi nama 21 roadster. Meskipun mobil ini diakui sebagai mobil yang menyenangkan oleh sejumlah majalah otomotif asal Inggris berkat kualitas interior dan built quality yang lebih baik dibandingkan mobil produksi Lotus dan TVR pada era itu, namun Caterham mengabaikan project tersebut dan kembali memproduksi mobil dengan chassis Series 3. Caterham 21 sendiri hanya diproduksi sebanyak 48 unit yang menjadikannya sebagai benda future exclusive collectibles.

Caterham 21 Roadster
Pada tahun 1993, Caterham memperkenalkan versi transmisi manual 6-speed yang mempunyai ciri khas “7” grille yang terus diproduksi hingga saat ini. Sejak tahun 2005, keluarga Nearn menjual perusahaan dan diambil alih oleh tim manajemen yang dipimpin oleh Ansar Ali, sebagai eks pemilik Lotus
1957 Lotus 7
Lotus 7 didesain sebagai open-top lightweight sports car yang menghasilkan kesuksesan besar di Inggris berkat harga jual yang terjangkau dan handling yang kental dengan nuansa race car. Mobil ini kemudian timbul menjadi mobil yang sangat populer dan mendorong Colin Chapman untuk melanjutkan pengembangan pada Lotus 7 sports car project. Pada tahun 1959, Caterham Car Service milik Graham Nearn menyetujui kerjasama untuk dijadikan sebagai dealer untuk Lotus 7 hingga ikut serta dalam peluncuran Lotus 7 Series 2 yang diproduksi pada tahun 1960.
Lotus 7 Series 2
Kepopuleran Lotus 7 terus meningkat setelah sebuah TV series berjudul “The Prisoner” menampilkan mobil ini pada tahun 1967. Kepopuleran ini kemudian menarik perhatian sejumlah produsen mobil hingga mendorong mereka untuk menggunakan Lotus 7 sebagai platform dalam pengembangan mobil produksinya.
Pada tahun 1968, Lotus kembali memperkenalkan model terbarunya, yaitu Series 3, yang kemudian disusul oleh Series 4 pada tahun 1973. Pada tahun yang sama, Lotus juga mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan produksi Lotus 7 model. Sejak saat itu, Graham Nearn membeli hak cipta dari Lotus 7 dan meneruskan produksi Series 4. Meskipun begitu, akibat tingkat kepopuleran yang menurun, perusahaan baru yang bernama Caterham ini lalu memutuskan untuk berhenti memproduksi Series 4 dan beralih memproduksi Series 3 kembali.
Lotus 7 Series 4
Pada tahun 1984, Caterham meluncurkan starter kit pertamanya yang ditujukan untuk para pengguna yang ingin merakit mobilnya sendiri untuk menghemat uang. Ide ini muncul sebagai ide yang cemerlang dan menuai kesuksesan, setidaknya di kawasan Inggris, dimana mobil Caterham 7 bisa dibeli sebagai mobil kit berbentuk komponen completely knocked down yang dapat dirakit oleh pemiliknya hingga hari ini.
Caterham kit car
Pada tahun 1987, sistem produksi dan administrasi perusahaan berpindah dari Caterham, Surrey ke pabrik baru di Dartford, Kent, United Kingdom. Lalu pada tahun 1989 perusahaan Caterham menciptakan Prisoner special edition Caterham yang dibekali dengan mesin 2.0-liter dari Vauxhall berkekuatan 250 hp. Mobil ini juga berhasil mencetak rekor waktu dalam melakukan akselerasi 0-100 km/jam dan kembali ke nol pada tahun 1992.
Caterham 7
Caterham kemudian meneruskan produksinya dengan meluncurkan covered model pada tahun 1994 yang diberi nama 21 roadster. Meskipun mobil ini diakui sebagai mobil yang menyenangkan oleh sejumlah majalah otomotif asal Inggris berkat kualitas interior dan built quality yang lebih baik dibandingkan mobil produksi Lotus dan TVR pada era itu, namun Caterham mengabaikan project tersebut dan kembali memproduksi mobil dengan chassis Series 3. Caterham 21 sendiri hanya diproduksi sebanyak 48 unit yang menjadikannya sebagai benda future exclusive collectibles.
Caterham 21 Roadster
Pada tahun 1993, Caterham memperkenalkan versi transmisi manual 6-speed yang mempunyai ciri khas “7” grille yang terus diproduksi hingga saat ini. Sejak tahun 2005, keluarga Nearn menjual perusahaan dan diambil alih oleh tim manajemen yang dipimpin oleh Ansar Ali, sebagai eks pemilik Lotus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar